Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer UKIM telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) untuk penilaian akreditasi pada Rabu dan Kamis, 9 November – 10 November 2022. Asesmen Lapangan dilakukan oleh Raden Venantius Hari Ginardi, Dr., Ir., M.Sc. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Heru Ismanto, Dr. Ir. S.Si, M.Cs dari Universitas Musamus Merauke.

Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) hari pertama dimulai dengan pembukaan dan perkenalan oleh Pimpinan Universitas Kristen Indonesia Maluku
serta penandatanganan pernyataan AL oleh Asesor dan Tim Akreditasi. Kegiatan AL ini juga dihadiri oleh pimpinan tingkat universitas,
pimpinan tingkat Fakultas Ilmu Komputer, Kepala Program Studi Informatika, Kepala Unit Jaminan Mutu Fakultas, serta undangan lainnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi ruang kelas, ruang dosen, laboratorium dan sarana prasarana yang ada di Program Studi Informatika.
Hari pertama AL dilakukan pembahasan terkait dengan Evaluasi Diri diantaranya 9 Kriteria yang menjadi dasar penilaian oleh Tim AL, meliputi (1) Visi,Misi, Tujuan dan Strategi (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama
(3) Mahasiswa (4) Sumber Daya Manusia (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana (6) Pendidikan (7) Penelitian (8) Pengabdian kepada Masyarakat (9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Hari kedua AL diisi dengan wawancara terhadap stakeholder Prodi Informatika yaitu Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa. Semua yang diminta menjadi responden memberikan pendapat, pandangan dan keterangannya masing – masing sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh Tim AL.
Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback serta saran pembinaan atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini.
Penandatangan Berita Acara AL menjadi penutup kegiatan pada hari kedua. Kegiatan AL selama 2 hari berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

– GVN